
ISO yaitu akronim dari International Standardization Organization. Sesuai dengan namanya, ISO yaitu suatu organisasi internasional yang berwewenang untuk membuat ketentuan persyaratan yang berlaku di seluruh dunia. Anggota ISO berisikan berbagai warga negara untuk menjamin isi ketentuannya cukup adil. ISO berhak untuk membuat ketentuan patokan dalam bidang apapun.
Pada awalnya, ISO mempunyai nama IOS (International Organization for Standardization) ketika pertama kali diresmikan pada tahun 1947 di Swiss. Namun lalu namanya dirubah menjadi ISO alasannya adalah kata “iso” dalam bahasa Yunani berarti “sama” atau “setara”.
Sejak permulaan berdiri sampai ketika ini, telah banyak ketentuan standar yang dibuat oleh ISO. Salah satunya yakni ISO 9001. Pengertian ISO 9001 yakni ketentuan tolok ukur yang diakui secara internasional untuk sertifikasi Sistem Manajemen Mutu (SMM).
Sistem Manajemen Mutu merupakan kemampuan suatu perusahaan atau pemasokjasa/produk dalam menjaga mutu mutu dari produk maupun jasa yang dijualnya. Jika suatu perusahaan sudah mempunyai sertifikasi ISO 9001, maka mampu dibilang bahwa produk atau jasa yang disediakan perusahaan tersebut sudah pasti mempunyai mutu yang terjamin.
Manfaat dari ISO 9001 itu sendiri antara lain:
- Menjamin kepuasan konsumen terhadap produk/jasa yang dijual
- Meningkatkan iktikad pelanggan kepada perusahaan
- Menanamkan rasa gembira bagi karyawan sehingga memotivasi mereka untuk bekerja lebih baik lagi
- Mempermudah perusahaan untuk memperoleh bisnis dan mitra yang lebih baik dan lebih banyak
- Sebagai materi untuk mengusut kesanggupan sebuah perusahaan
- Meningkatkan manajemen pengendalian resiko sehingga perusahaan lebih stabil
- Sistem perusahaan jadi makin rapi dan terarah
ISO 9001 ditetapkan pada tahun 2008. Di dalamnya, terdapat beberapa unsur yang dipertimbangkan untuk mengukur administrasi mutu dari suatu perusahaan. Beberapa elemen tersebut antara lain merupakan:
- Sistem Kepemimpinan (Leadership)
- Sistem Pengambilan Keputusan
- Proses dan mekanisme dalam hal penanganan customer
- Usaha perusahaan untuk memajukan kualitas
- Strategi pemasaran, dan masih banyak lagi.
Kira – kira, cukup sekian penjelesan dari kami ihwal pengertian ISO 9001 dan fungsinya. Jika Anda kesengsem untuk mendaftarkan perusahaan Anda untuk sertifikasi ini, silahkan menghubungi konsultan sertifikasi yang mampu didapatkan dengan mudah di internet.